Penanganan Banjir Cieunteung Bisa Tiru Bojong Citepus

SOREANG, (PRLM).- Penanganan banjir di Kp. Bojong Citepus, Desa Cangkuang Wetan, Kec. Dayeuhkolot, bisa dijadikan contoh dalam penanganan banjir di daerah-daerah langganan banjir Kab. Bandung. Dengan membuat kolam penampungan dan memasang dua mesin pompa ukuran besar membuat Kp. Bojong Citepus yang awalnya selalu terendam banjir kini genangan banjir hanya tinggal 10 cm ketika hujan besar turun.
“Ada tiga rumah pompa yang dibangun Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum yakni di Kp. Bojong Citepus, Kp. Parunghalang Kelurahan Andir Baleendah, dan di Majalaya. Warga Kp. Bojong Citepus merasakan dampak positif dengan pembangunan kolam penampung dan rumah pompa,” kata Ketua RT 01 RW 09 Kp. Bojong Citepus, Wardi, saat ditemui di rumahnya, Kamis (10/11).
Lebih jauh Wardi mengatakan, sejak tahun 2006 lalu BBWS Citarum membangun kolam penampungan banjir dan saluran air mengelilingi Kp. Bojong Citepus. “Sedangkan rumah-rumah di pinggir Sungai Citarum dibebaskan karena dibangun tanggul setinggi enam meter. Kp. Bojong Citepus hampir sama dengan Kp. Cieuntueng karena lokasinya berada di bawah Sungai Citarum,” katanya.
Ketika air hujan turun sehingga air hujan tak bisa mengalir ke Sungai Citarum yang lokasinya lebih tinggi. “Air hujan masuk ke saluran air yang mengeliling kampung lalu berakhir di kolam penampungan. Nantinya air akan dibuang ke Sungai Citarum melalui dua mesin pompa air ukuran besar yang dijalankan bisa sampai 12 jam sampai air surut,” katanya. (A-71/das)***

0 komentar:

Posting Komentar