BNPB Gelar Relawan Nasional di Jatinangor


Jakarta, PODIUM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar pertemuan dengan para relawan tingkat nasional di Bumi Perkemahan Kiara Payung Jatinangor, Jawa Barat, selama 3 hari (14-16 Oktober 2011).
Pertemuan dilakukan guna meningkatkan koordinasi dan profesionalisme para relawan. Pertemuan juga bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan, koordinasi, pemahaman dan peningkatan keterampilan relawan. 
"Kita perlu makin solidkan koordinasi diantara para relawan, dan juga meningkatkan kemampuan mereka, sehingga jika ada suatu kejadian, para relawan segera tahu harus melakukan apa dan lain sebagainya," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, kepada PODIUM di Jakarta, 14 Oktober 2011.
Lebih dari 500 relawan hadir di Jatinagor, yang berasal dari 25 organisasi sosial masyarakat, 16 lembaga usaha, 5 perguruan tinggi dan berbagai instansi pemerintah. 
"Relawan menjadi bagian penting dalam menghadapi dan penanganan sebuah bencana," tegas Sutopo. Relawan terlibat dalam pra, saat dan pascabencana, tegasnya. 
Dalam gelar relawan tersebut akan dilakukan pembelajaran sistem cluster, sertifikasi, manajemen informasi dan sebagainya.

Reporter: Mario
Editor: Anung Sari

0 komentar:

Posting Komentar