BPBD Jawa Barat Siapkan Lokasi Pengungsi Gunung Papandayan

KBR68H, Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah, BPBD Jawa Barat telah menyiapkan dua lokasi untuk mengevakuasi warga jika terjadi letusan Gunung Papandayan. Kepala BPBD Jawa Barat, Udjuwalaprana Sigit mengatakan, dua lokasi itu berada di Lapangan Cisurupan, Kecamatan Cisurupan dan Alun-alun Bayongbong, Kecamatan Bayongbong. Kata dia lokasi itu dipilih karena berada di jarak lebih dari 10 kilometer dari kawah Gunung Papandayan. Ia juga menambahkan, dua lokasi itu bakal menampung pengungsi dari 4 desa.

Iya, jalur evakuasi sudah kita siapin. Terus skenario sudah kita bikin. Peralatan evakuasi sudah kita bikin dari truk pelatihan dan sosialisasi dari awal. Dan masyarakat Papandayan sudah merasakan tahun 2002 hampir sama. Jadi mereka antisipasi tidak terlalu berat untuk menjelaskan kepada mereka.

Kepala BPBD Jawa Barat, Udjuwalaprana Sigit menambahkan, nantinya pengungsi tidak akan ditempatkan di tenda. Pengungsi diupayakan menempati gedung sekolah dan gedung kantor yang ada di sana. Jalur evakuasi juga sudah dilengkapi dengan rambu penunjuk arah. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi telah menaikkan status Gunung Papandayan dari level II waspada menuju level III siaga pada akhir pekan lalu.

0 komentar:

Posting Komentar