ORARI, Bagian Penting Komunikasi Kebencanaan

KOMUNIKASI dalam kebencanaan memegang peranan sangat penting. Melalui komunikasi yang lancar, informasi kebencanaan maupun data-data lainnya bisa cepat diperoleh. 

Salah satu organisasi yang eksis dalam komunikasi kebencanaan khususnya di wilayah Kab. Bandung, Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) Kab. Bandung. Untuk memantau kondisi kebencanaan terkini, radio komunikasi di ruang Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus disiagakan. Berbagai informasi terkait kebencanaan terdengar di radio tersebut.

Ketua ORARI Korwil Kab. Bandung yang juga Ketua ORARI Lokal Bandung Selatan, H. Dadan Konzala, Minggu (8/5) menuturkan, ORARI Kab. Bandung eksis membantu BPBD Kab. Bandung dalam hal kebencanaan. Anggota ORARI di Kab. Bandung yang berjumlah 600 orang menyebar di setiap kecamatan, sehingga jika terjadi bencana alam bisa langsung menginformasikan kepada BPBD Kab. Bandung.

"Komunikasi salah satu bagian terpenting dalam kebencanaan dari mulai prabencana, kedaruratan hingga pascabencana," ujarnya didampingi Sekjen ORARI Bandung Selatan, Arie Anwar.

Menurut Dadan, penyelengaraan komunikasi kebencanaan ini diatur dalam perundang-undangan, sehingga ORARI eksis dalam komunikasi kebencanaan dan mempunyai frekuensi sendiri.

Diakui Dadan, dalam kondisi tertentu, terkadang alat komunikasi canggih pun tidak bisa dipakai karena keterbatasan sinyal. "Seperti kejadian di Dewata, Pasir Jambu beberapa waktu lalu. Ketika semua HP tidak bisa dipakai karena tidak ada signal, kita terus memberikan laporan," katanya.

Dengan eksisnya ORARI dalam komunikasi kebencanaan, Dadan mengaku hingga kini belum ada perhatian khusus dari pemerintah setempat. Padahal organisasi sejenis yang menyumbang kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah ORARI. 

Sementara itu Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kab. Bandung, Cecep Hendrawan mengakui, ORARI sangat membantu dalam kebencanaan. "Iinformasi apa pun bisa dilakukan lewat radio komunikasi," ujar Cecep yang juga anggota ORARI. (dadang setiawan/"GM")**

0 komentar:

Posting Komentar