Bantuan Kebutuhan Dasar Kepada Korban Kebakaran

Korban kebakaran di malam pergantian tahun 31 Desember yang telah lalu, pagi tadi senin 3 Januari 2011 telah diupayakan bantuan standar minimum oleh Bidang Kedaruratan dan logistik BPBD Kabupaten Bandung. Bantuan langsung diserahkan oleh Kasi Kedaruratan dan Kasi Logistik kepada korban ( Euis ) dan keluarganya yang saat ini tengah mengungsi di rumah keluarga lainnya dikarenakan rumah yang terbakar miliknya hangus total.

Bantuan yang diberikan kepada korban berupa paket sembako 7 Paket dan Family Kit (paket sembako terdiri dari Beras,mie instan,minyak goreng dan sedikit obat-obatan ringan di tambah dengan family kit standar BNPB yang terdiri dari piring,sendok,gelas dan sangku tempat nasi ). Bantuan tersebut bersumber dari SKPD terkait Kabupaten Bandung yang dalam hal ini Dinas Sosial, Bagian Kesejahteraan Sosial dan BPBD sendiri.

Usai diserahkannya bantuan kepada  korban, ketua RW setempat berharap adanya bantuan rehabilitasi rumah dari pemerintah  dan keinginan maupun harapan korban tersebut dicatat oleh kasi logistik dan kedaruratan sebagai bahan tindak lanjut kebijakan pimpinan di Tingkat Kabupaten Bandung yang akan disampaikan dalam evaluasi kinerja BPBD maupun rapat pimpinan. Ditegaskan pula oleh Kasi Kedaruratan bahwa bantuan pemenuhan kebutuhan dasar ini merupakan kepedulian Pemerintah Kabupaten Bandung kepada masyarakat yang terkena musibah dalam tahap tanggap darurat, sedangkan bantuan lainnya diharapkan melalui surat resmi dari pemerintah Desa dan Kecamatan yang ditujukan kepada  Bapak Bupati Bandung sebagaimana prosedur permohonan bantuan serupa sebelumnya di waktu BPBD belum berdiri. Dikatakan pula kepada korban permohonan maklum apabila tindakan tanggap darurat ini lebih sederhana dan tidak mumpuni..? artinya masih jauh dari harapan korban, insya allah kedepan diharapkan kinerja BPBD Kabupaten Bandung akan lebih baik dan berkualitas, terlebih lagi BPBD Kabupaten Bandung yang memiliki tenaga -tenaga teknis lapangan yang handal seperti hal nya Sekretaris BPBD Kabupaten Bandung (Agus Maulana) yang telah malang melintang menangani Kasus Bencana di Kabupaten Bandung dimana beliau sudah mumpuni di bidang ini, mudah-mudahan dapat segera menularkan virus mumpuninya kepada seluruh perangkat kerja BPBD dalam waktu yang singkat..?

0 komentar:

Posting Komentar