Indonesia Tuan Rumah Konferensi Pengurangan Risiko Bencana se-Asia


JAKARTA, (PRLM).- Indonesia bakal menjadi tuan rumah konferensi internasional tingkat menteri membahas pengurangan risiko bencana di kawasan Asia. Konferensi direncanakan berlangsung di Yogyakarta pada Oktober 2012.
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif mengatakan, kegiatan konferensi tingkat menteri se-Asia tersebut diperkirakan dihadiri para wakil dari sekitar 50 negara.
Tema yang diangkat adalah penguatan kapasitas lokal dalam pengurangan risiko bencana. "Negara-negara di kawasan Asia dan sekitarnya akan menghadiri konferensi tingkat menteri di kawasan Asia plus ini," ujarnya pada acara “Rapat Koordinasi dan Pelatihan Tingkat Nasional BNPB 2012" yang berlangsung di Ancol, Jakarta Utara, Kamis (2/2).
Syamsul menjelaskan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan membuka konferensi internasional itu. Dia berharap, melalui konferensi tersebut masing-masing negara bisa berbagi pengalaman dan masukan dalam hal pengurangan risiko bencana.
Sementara itu, mengenai rapat koordinasi dan pelatihan penanggulangan bencana tingkat nasional 2012 di Ancol dibuka oleh Menko Kesra HR Agung Laksono. Rencananya, kegiatan yang bertajuk “Menuju Indonesia Tangguh” itu berlangsung hingga Jumat (3/2).
Dalam rangkaian acara itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MOU) antara BNPB dengan sejumlah pihak terkait. (A-94/das)***

0 komentar:

Posting Komentar