Masa Tanggap Darurat Pasar Cicalengka Diperpanjang Seminggu

SOREANG, (PRLM).- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Bandung memperpanjang masa darurat penanganan korban kebakaran Pasar Cicalengka untuk tujuh hari mendatang. Pasokan logistik untuk korban kebakaran selama ini masih cukup baik dari Pemkab Bandung, Pemprov Jabar, maupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
“Dari hasil evaluasi pelaksanaan tanggap darurat kebakaran pasar dan permukiman penduduk di Kp. Pasar RW 02 Desa Cicalengka Wetan menunjukkan masih belum berdayanya masyarakat di lokasi kejadian, sehingga masa tanggap darurat di perpanjang tujuh hari kedua,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Cecep Hendrawan, Minggu (30/10), di ruang kerjanya.
Diberitakan sebelumnya, ratusan kios dan lapak Pasar Cicalengka musnah terbakar pada Sabtu lalu (22/10). Selain itu, ratusan rumah penduduk yang lokasinya berdekatan dengan Pasar Cicalengka dan sebuah masjid juga ikut dilahap si jago merah.
Lebih jauh Cecep mengatakan, pemenuhan kebutuhan logistik dasar kedaruratan dalam kapasitas siap yang di dukung oleh kesiapan logistik BPBD Jabar, BNPB, Dinas Sosial Jabar dan Dinsosdukcasip Kab. Bandung. “Masyarakat dan LSM juga ikut membantu dalam penyediaan logistik bagi korban kebakaran ini,” katanya.
Untuk lebih melayani lebih baik kepada korban bencana, menurut Cecep, idealnya BPBD Kab. Bandung memiliki dana siap pakai sehingga tidak terbentur urusan birokrasi dalam pertolongan kepada korban. “Sampai saat ini belum ada dana siap pakai di rekening BPBD Kab. Bandung sehingga untuk pengadaan logsitik bantuan kadang terhambat,” katanya.
Sementara itu, artis sekaligus anggota DPR, Rachel Maryam, bersama dengan pengurus Gerindra Jabar dan Kab. Bandung menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran Pasar Cicalengka. "Kami turut prihatin dan merasakan kepedihan yang dialami para pedagang maupun masyarakat yang ikut menjadi korban kebakaran," kata Rachel dalam pernyataannya yang diterima "PRLM", Sabtu (29/10).
Bantuan yang diserahkan berupa selinmut, sajadah, sarung, pakaian seragam sekolah, dan obat-obatan. Rachel juga mendesak agar Pemkab Bandung segera membangun pasar darurat agar para pedagang bisa kembali menjalankan aktivitasnya. "Pasar lama yang terbakar juga perlu secepatnya dibangun kembali karena pasar berkaitan dengan perekonomian masyarakat," katanya.
Ikut mendampingi Ketua Gerindra Jabar H. Oo Sutisna, Ketua Gerindra Kab. Bandung H. Yayat Hidayat dan dua anggota DPRD Kab. Bandung dari Gerindra yaitu H. Aep Saefullah dan Afendi. (A-71/das)***

0 komentar:

Posting Komentar