Media Massa Bisa Bantu Kurangi Dampak Bencana

 SOREANG,(GM)-
Penanggulangan bencana alam di Kab. Bandung memerlukan peran aktif masyarakat dan media massa. Peran aktif masyarakat dan media massa bisa dilakukan lewat tindakan pencegahan untuk mengurangi dampak bencana.

Kabid Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Bandung, Cecep Hendrawan didampingi Kasi Kedaruratan, Oji Syaeroji mengungkapkan hal tersebut kepada "GM", Selasa (8/2). Menurutnya, selama ini masih berkembang anggapan bahwa penanganan bencana alam sepenuhnya tugas pemerintah. Padahal masyarakat termasuk insan pers harus berperan aktif dalam penanganan bencana, minimal dalam upaya pencegahan.

Cecep menuturkan, dalam upaya pencegahan bencana, masyarakat bisa melakukan berbagai tindakan, di antaranya menjaga dan memelihara keseimbangan serta kelestarian lingkungan hidup. "Dengan menjaga kelestarian lingkungan seperti tidak melakukan penebangan hutan secara liar atau membuang sampah sembaragan, berarti ikut mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan longsor. Sebab bencana banjir salah satu faktor penyebabnya adalah gundulnya hutan dan tersumbatnya sungai oleh sampah," katanya.

Masyarakat juga, lanjutnya, bisa membentuk forum masyarakat yang nantinya berkoordinasi dengan BPBD Kab. Bandung. Dalam forum tersebut, masyarakat bisa melakukan berbagai tindakan yang bisa mengurangi risiko bencana. Salah satunya ikut dalam penyusunan rencana aksi daerah pengurangan risiko bencana dibawah koordinasi BPBD Kab. Bandung. Bisa juga melakukan kampanye kesadaran serta kesiapsiagaan dalam bencana. "Bukan hanya itu, forum ini juga bisa melakukan pengawasan dalam penanggulangan bencana. Dengan begitu jika ada kekurangan bisa langsung saling melengkapi," ujarnya.

Selain masyarakat, lanjut Cecep, media massa juga sangat berperan dalam penanggulangan dan pencegahan bencana. Apalagi media massa sangat efektif dalam menyosialisasikan semua program dan kebijakan pemerintah terkait penanganan bencana.

"Media masa sangat efektif dalam menginformasikan kebijakan pemerintah terkait kebencanaan. Media massa bisa menyebarluaskan peringatan dini bencana hingga bisa mengurangi risiko bencana," katanya.

Media massa juga, tambahnya, bisa menginformasikan upaya penanggulangan yang merupakan bagian dari pendidikan untuk menyadarkan masyarakat terkait bencana. (B.97)**

0 komentar:

Posting Komentar