25 Menteri akan Hadiri Konferensi Kebencanaan di Yogyakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada 22-25 Oktober 2012 mendatang akan digelar Asian Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction (AMCDRR) Ke-V di Yogyakarta.

Perhelatan dua tahunan ini dipastikan akan dihadiri 25 menteri atau kepala instansi setingkat menteri yang bertanggung jawab atas bencana di negara masing-masing.
"AMCDRR Ke-V ini rencananya tanggal 23 Oktober akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai peraih Penghargaan "Global Champion for Disaster Risk Reduction" yang diumumkan di Jenewa oleh Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon, tahun lalu," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Rabu (19/9/2012) di Jakarta.
Ia mengatakan, dalam forum ini Indonesia akan menunjukkan kekuatan kapasitas lokalnya, khususnya masyarakat Yogyakarta dalam menghadapi bencana alam, baik letusan Gunung Merapi maupun Gempa 2006.
Selain itu, kemandirian masyarakat Wonolelo Bantul yang membangun waduk kecil secara gotong-royong. Ini membuat daerah itu tak lagi dilanda kekeringan saat kemarau atau banjir saat hujan. "Sekarang daerah itu selalu ijo royo-royo," kata Sutopo.
Lebih lanjut, acara itu akan dihadiri sekitar 1.000 peserta dari Asia (32 negara), Timur Tengah (14 negara), dan Pasifik (16 negara).
Dalam forum itu juga diisi dengan berbagai side event, baik di Jogja International Expo maupun Hotel Ambarukmo. Selain itu, berbagai pameran teknologi kebencanaan dari PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia, PT PAL, serta berbagai pameran lain.
AMCDRR dimulai di Beijing - China (2005), New Delhi - India (2007), Kuala Lumpur - Malaysia (2008), dan Incheon - South Korea (2010). (ICH)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maps

Pengikut